Tak Muncul Bukan Berarti Tak Sayang! | Apa Saja Yang Saya Butuhkan Saat Menjadi Programmer?


Begitulah kira-kira judul yang harus saya sampaikan kepada para pembaca semua, kebetulan saat ini saya sedang ada pekerjaan yang berhubungan dengan pemrograman, masih berkutat di bahasa pemrograman PHP dan framework Laravel. Nah tools apa saja sih yang saya pakai untuk membuat bahasa pemrograman berbasis web? Silahkan simak artikel saya berikut ini:

Integrated Development Environment (IDE)

Untuk IDE-nya saya menggunakan VS Code atau Visual Studio Code yang bisa pembaca dapatkan di microsoft klik disini. Alasan saya menggunakan visual studio code karena ringan di computer saya dan simpel tampilannya tidak terlalu banyak icon editor diatasnya. Begini nih tampilan Visual Studio Code (VS Code)



Oiya, satu hal lagi yang membuat saya betah dengan VS Code adalah plugin-nya yang sangat banyak seperti yang saya gunakan sebagai berikut :
  1. Saya bisa koneksikan VS Code milik saya dengan github, setiap pekerjaan bisa saya push ke github dengan mudah
  2. Tag html yang dibuat simpel. Untuk membuat tag html anda tidak perlu repot ngetik panjang lebar cukup mengetikan satu baris perintah ini:
    div.col-md-12  tekan enter dan akan menjadi seperti ini <div class="col-md-12"></div>
  3. Perintah blade milik Laravel juga di handle sama VS Code contohnya kita mau membuat section, cukup mengetikan seperti ini:
    b:section tekan enter dan akan menghasilkan seperti ini : 
    @section('your section')

    @endsection
  4. Searching text nya juga sangat cepat bisa mengeksplor semua file yang ada di project milik kita
Menurut pembaca bagaimana? Apakah memiliki pengalaman yang berbeda dengan VS Code atau mungkin memiliki IDE jagoan sendiri? Silahkan pembaca menuliskannya di komentar.


Aplikasi Server

Banyak sekali diluaran sana aplikasi server, yang paling terkenal dibahas dimana-mana kalau pembaca mencari tutorial pemrograman di google pasti aja selalu menyebutkan XAMPP di windows atau LAMPP di linux. Tapi disini saya akan memberikan sesuatu hal yang berbeda. 

Perkenalkan LARAGON sama halnya dengan xampp cuma laragon ini memiliki sesuatu yang lebih antara lain:
  1. Ringan, penggunaan RAM hanya 3,5 MB coba cek ss saya ini

  2. Laragon menciptakan virtual hosting dan lebih ajib lagi laragon otomatis membuat virtual hosting apabila kita membuat folder di lokasi ini: C:\laragon\www\. Saya bandingkan saat saya menggunakan xampp saya harus mengetikan ini di browser: http://localhost/project-saya dan sekarang dengan laragon hanya mengetikan ini : http://project-saya.test untuk project laravel auto baca "public"
  3. Laragon bisa generate project Laravel. Laragon dikhususkan untuk para programmer laravel dilihat dari namanya juga LARA + GON. Dari namanya ada tulisan LARA kemungkinan itu adalah Laravel tapi, entahlah kita tidak akan fokus pada nama laragonnya untuk sesi ini :) kalau ada yang tahu silahkan komentar aja ya :)
  4. Laragon bisa switch php version. Jadi jika pembaca memiliki project yang membutuhkan beberapa versi PHP anda bisa switch php version yang anda miliki di laragon.
  5. Hal lainnya yang dimiliki oleh laragon. Selain PHP version, laragon juga bisa memiliki lebih banyak versi untuk Apache, MySQL dan Node JS.
Masih banyak lagi keunggulan Laragon yang bisa anda temukan. Untuk mendapatkan Laragon silahkan klik link ini : https://laragon.org/download/index.html 

Browser

Jujur sih tidak ada yang spesial dari browser saya hanya menggunakan google chrome saja.

Operating System (OS)

Operating System yang saya gunakan ada 3 antara lain Windows, Linux Ubuntu, dan Mac OS tapi lebih nyaman menurut saya adalah Windows plus dipermudah lagi dengan Laragon cuma sensasi orang-orang pasti berbeda-beda ya. Dulu waktu masih sekolah SMA saya menggunakan linux knoppix live, maju ke fedora terus beralih ke ubuntu saat kuliah hingga saat ini.

Bagaimana dengan pengalaman para pembaca? Boleh dong saya kepoin apa saja yang pembaca miliki untuk menunjang pekerjaan programmer, atau mungkin ada yang baru jadi programmer dan ingin mencari seseorang yang berpengalaman yang dapat menginspirasi para programmer baru. Silahkan berkomentar bebas bagi para pembaca, sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner