Penggunaan VLOOKUP Pada Microsoft Excel

Hingga saat ini saya masih dipusingkan dengan rumus Excel, banyak minta bagaimana cara penggunaan VLOOKUP padahal menurut saya sendiri ini sangatlah mudah, saya jarang menggunakan Excel dalam kurun waktu hampir 10 tahun, karena sekarang saya programmer... ups... maaf bukan sombong tapi realita hehehe just kidding da aku mah apa atuh..


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Nah kesempatan kali ini saya akan membahas penggunaan VLOOKUP sebenarnya apa sih VLOOKUP ini fungsinya apa? VLOOKUP merupakan rumus Excel yang fungsinya untuk mengambil data dari tabel lain. Kita ambil contoh sebagai berikut :

Seorang Staff HRD ingin mengambil tanggal lahir dari tabel karyawan hanya dengan memasukan NIP si karyawan jadi tabelnya akan seperti ini :

Tabel Data Karyawan

Untuk mengambil data dari Data Karyawan tersebut anda harus menggunakan VLOOKUP, rumusnya bisa dimasukan di sheet yang sama atau yang berbeda, pada simulasi ini saya akan mencoba mengambil data di sheet yang berbeda, yaitu sheet Tanggal Lahir, bisa dilihat pada gambar diatas (SHEET "Tanggal Lahir").

Isi sheet Tanggal Lahir seperti ini :

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya nanti yang warna kuning itu akan saya isikan NIP dan Nama Karyawan juga Tanggal Lahir akan terisi otomatis. Pada kotak biru yang sejajar dengan Nama Karyawan ketikan rumus VLOOKUP seperti berikut :
=VLOOKUP(C2,'Data Karyawan'!$B$4:$G$8,2)
Akhiri dengan ENTER


Cara penulisannya sebagai berikut :
  1. Ketik =VLOOKUP(
  2. Klik kolom pada excel yang berwarna kuning akan memunculkan C2
  3. Ketik simbol koma (,)
  4. Klik sheet Data Karyawan
  5. Blok tabelnya kecuali tabel header seperti NIP, NAMA dll.
  6. Tekan F4
  7. Ketik simbol koma (,)
  8. Tekan angka 2 yang artinya data yang akan dimunculkan adalah yang berada diposisi kolom 2 (NAMA)
  9. Tekan simbol kurung tutup
  10. Terakhir ketik ENTER
Untuk Kolom Tanggal Lahir langkahnya sama hanya saja pada tahap 8 diganti angka nya dengan 5 yang artinya kita akan memunculkan kolom nomor 5 pada table Data Karyawan.

Saya harap anda tidak bingung dengan tutorial yang saya sampaikan. Untuk membantu anda saya memberikan link download dokumen excel nya di Dropbox.
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner